selamat bergabung dengan blogku .... semoga bermanfaat

tiada gading yang tak retak
dan tiada sempurna apa yang aku sajikan ....
karena kesempurnaan hanya milik Allah semata

Minggu, 13 Februari 2011

RENSTRA SD WARULOR


Kab%20Pkl                                             PEMERINTAH KABUPATEN PEKALONGAN

      DINAS PENDIDIKAN

         UPT PENDIDIKAN WIRADESA

            SD NEGERI WARU LOR     
Alamat : Jln. Raya Waru Lor Nomor : 59 Wiradesa Pekalongan 51152
 

RENCANA STRATEGIS
DAN
PROGRAM KERJA KEPALA SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
SD NEGERI WARU LOR


I.       LANDASAN HUKUM

      Rencana Kerja Sekolah jangka menengah empat tahunan disusun berdasarkan :
1.    Undang-Undang NO.20 / 2003 tentang SISDIKNAS
2.    PP nomor: 19 / 2005 tentang standar Nasional Pendidikan
3.    Permendiknas No.22 / 2006 ttg STANDAR Isi
4.    Permendiknas No.23 / 2006 ttg Standar Kelulusan
5.    Permendiknas No.24 / 2006 dan No.6/2007 ttg pelaksanaan permendiknas No 22
  dan 23 th.22 2006
6.    Permendiknas No.19 / 2007 ttg standar pengelolaan pendidikan oleh satuan
  Pendidikan.
7.    Permendiknas No. 41/2007 ttg standar proses
8.    Permendiknas No.20/2007 ttg standar penilaian
9.    Permendiknas No.24/2007 ttg standar penilaian.

1.    V i s i                    : “ Berprestasi, Beriman, Bertaqwa dan Bertanggung Jawab “
2.    M i s i                    :
a.     Melaksanakan KBM secara efektif dengan metode yang tepat dan membimbing siswa secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki siswa sehingga mencapai prestasi yang tinggi.
b.    Meningkatkan mutu pendidikan, kecerdasan siswa dalam berfikir dan bertindak, terampil dan kreatif.
c.    Menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga tercipta insan yang mulia.
d.    Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan juga budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertingkah laku dan bertindak.
e.    Membentuk siswa yang santun terhadap guru, teman, orang tua, dan masyarakat.
f.     Membudayakan budi pekeri yang luhur dan menerima tugas dengan penuh rasa senang.
g.    Mampu menyelesaikan tugas yang diembannya dengan tepat waktu dan melaporkannya dengan penuh tanggung jawab.

3.    Indikator   :

a.    Unggul dalam perolehan nilai UASBN.
b.    Mampu bersaing dalam memasuki sekolah yang lebih tinggi.
c.    Unggul dalam lomba baik, akademik maupun non akademik.
d.    Unggul dalam kepedulian sosial.
e.    Unggul dalam kedisiplinan dan aktivitas keagamaan.

II.      PERENCANAAN PROGRAM

RENCANA KERJA SEKOLAH ATAU RENCANA JANGKA MENENGAH
EMPAT TAHUN SD NEGERI WARU LOR


A.     ANALISIS LINGKUNGAN STRATEGIS

           Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.Pendidikan pada saat ini sangatlah diperhatikan oleh pemerintah dengan salah satunya anggaran pendidikan yang sesuai dengan harapan kita semua adalah 20% dari APBN, hal ini juga didikuti juga pada birokrasi dibawahnya yaitu pemerintah provinsi dan kabupaten/kota juga telah melaksanakan anggaran pendidikan 20%.
            Hal itu menuntut dunia pendidikan diharapkan sesuai dengan kemajuan ilmu dan teknologi dewasa ini, baik di tingkat Nasional maupun Internasional. Pengelola pendidikan atau sekolah khususnya harus menyusun strategi yang dapat menghasiulkan output yang dapat mengikuti perkembangan tehnologi dan globalisasi. SD Negeri Waru Lor harus mampu mencetak lulusan yang mampu bersaing dengan sekolah lain dan lulusan SD Negeri Waru Lor  dapat diterima di jenjang SMP/MTs dan mampu berkompetisi.
            Dalam meraih harapan di atas sekolah diperlukan perencanaan  strategis pengelolaan pendidikan yang dapat dijadikan pedoman pengelolaan dan stageholder sekolah. Penyusunan rencana strategis sekolah perlu mempertimbangkan berbagai faktor misalnya, kondisi geografis, ekonomi dan  sosial budaya dan politik. Faktor-faktor tersebut dapat mempengaruhi SD Negeri Waru Lor baik secara langsung maupun tidak langsung.
            Analisis faktor lingkungan yang meliputi geografis, ekonomi, sosial, budaya dan politik akan mempermudah pengelolaan sekolah dalam menemukan faktor pendukung yang akan mempermudah pengelolaan sekolah dalam menemukan faktor pendukung yang akan menjadi kekuatan dan hambatan atau tantangan untuk menentukan program yang akan dilaksanakan. Pengelolaan pendidikan perlu strategi yang khusus dan tidak boleh meniru dengan sekolah lainnya karena sekolah lain akan berbeda dengan faktor geografis, ekonomi, sosial, budaya, dan politik.
            Memang SD Negeri Waru Lor  dalam menyusun strategisnya ada sedikit kesamaan dalam pengelolaan maupun strateginya, namun tetap saja hasil yang diperoleh akan berbeda.

1.   Kondisi Geografis

            SD Negeri Waru Lor  berada di wilayah jalur utama akses ke ibukota Kabupaten Pekalongan, tepatnya di Jalan raya Waru Lor Wiradesa – Pekalongan. Dengan letak geografis yang demikian merupakan letak yang sangat strategis karena dapat dijangkau dengan mudah dengan sarana transportasi yang ada. Hal ini sangat mendukung kemajuan di SD Waru Lor.

2.   Kondisi Ekonomi

            Kondisi ekonomi dari penduduk Waru Lor l adalah sebagian besar bermata pencaharian sebagai buruh, baik sebagai buruh tani maupun buruh pada pengrajin perbatikan, sebagian lagi bermatapencaharian sebagai pengrajin batik, namun secara umum dapat dikategorikan masih berpenghasilan rendah. Hal ini dibuktikan masih tingginya lulusan Sekolah Dasar yang belum meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi. Disisi lain masayarakat desa Waru Lor merupakan masyarakat yang agamis, sehingga banyak lulusan SD / MI yang meneruskan ke pesantren atau ke pondok – pondok.  

3.   Kondisi Sosial Budaya dan Politik

          Pola kehidupan yang masih kental agamis berpotensi besar suasana  yang kurang  kondusif sehingga kesadaran masyarakat akan pendidikan secara umum ( SD ) tingkat partisipasinya masih perlu ditingkatkan. Oleh karena itu perlu adanya sosialisasi dan penyampaian informasi kepada masyarakat luas arti pentingnya akan pendidikan putra – putrinya.

B.  ANALISA KONDISI SEKOLAH SAAT INI

1.   Analisis Mutu Pendidikan dan Daya saing

          Mutu pendidikan atau kualitas pendidikan di SD Negeri Waru Lor dapat kita analisis melaui input, proses, dan output. Input meliputi kurikulum, guru, kepala sekolah, tenaga pendukung, siswa dan pembiayaan. Proses perlu kita analisis proses belajar mengajar, penilaian, manajemen, dan kepemimpinan. Sedang output meliputi prestasi akademik, prestasi non akademik, dan kepribadian.
         Dengan perbaikan dan peningkatan mutu akan dapat dicapai perkembangan pendidikan di SD Negeri Waru Lor , yang ditandai dengan peningkatan kompetensi, tercapainya keterampilan guru dalam pengembangan kurikulum, melaksanakan pembalajaran yang bermakna, melakukan penilaian yang dilanjutkan analisis hasil evaluasi serta remidi dan pengayaan. Peningkatan perbaikan hasil akademis dan non akademis yaitu : pencapaian pemenuhan KKM masing-masing mapel tiap-tiap KD sampai pada meningkatnya nilai-nilai hasil UAS-BN kelas VI dari tahun ke tahun. Guna memenuhi tuntutan kemajuan ilmu teknologi komunikasi para siswa kelas tinggi mulai di bekali dengan pendidikan komputer. Keberhasilan nonakademis dari pelaksanaan ekstrakurikuler untuk mendapatkan kejuaraan di tingkat kabupaten . Harapan di tahun ini dan berikutnya dapat di susul kejuaraan-kejuaraan cabang olah raga maupun seni.


2.   Analisis Akses Pendidikan

          Dalam rangka peningkatan pelayanan pendidikan SD Negeri  Waru Lor  mengajukan beasiswa bagi keluarga miskin sebanyak 10 anak, ini diharapkan dapat menanggulangi siswa drop out. Jumlah pendaftar siswa baru untuk tahun pelajaran 2010/2011 mencapai 28 siswa. Kondisi ini terus meningkat dari tahun sebelumnya, karena pada tahun pelajaran 2008/2009 siswa baru kelas I sejumlah = 18 anak, dan tahun pelajaran 2009/2010 tercatat sejumlah 22 anak. Dengan demikian dari tahun ke tahun terjadi peningkatan jumlah siswa kelas I baru yang masuk ke SD Negeri Waru Lor.

3.   Analisis Pemenuhan Standar Pendidikan

          Pada  saat ini SD Negeri Waru Lor  adalah sebagai sekolah imbas, sejak tahun 2009/2010  melaksanakan 8 standar pendidikan meliputi standar isi, standar kelulusan, standar proses pembelajaran, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar penilaian, standar pembiayaan, standar pengelolaan pendidikan.  
          Dalam memenuhi kebutuhan siswa  SD Negeri Waru Lor telah mengadakan terobosan dengan memberikan kegiatan Ekstra Kurikuler : Qiroati, Seni Tari, dan Komputer.







C.     ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN MASA DATANG (4 TAHUN )

NO
Aspek
Kondisi 4 tahun yang akan datang
1
Standar Kompetensi Lulusan
a.Bidang Akademik
·         Rata-rata KKM untuk semua mapel  70
·         Rata-rata nilai Ujian Nasional  60
·         Masuk 5 besar UN untuk 3 mapel
b.Bidang Non Akademik
·         Juara  seni suara  Tk. Kabupaten
·         Lomba pesta siaga tergiat 1 tk. Kecamatan
c.Kelulusan
·         Kelulusan 100%
·         Jumlah lulusan yang di terima di sekolah negeri 100%
2
Standar Isi
a. memiliki dokumen KTSP berkarakter bangsa
b. tersusunnya pengembangan silabus untuk semua  mata pelajaran.
c. tersusunnya pengembangan RPP untuk semua mapelberbasis PAKEM
d. guru memiliki  buku pegangan dan 3 buku referensi
e. semua guru mampu mengoprasikan komputer

3
Standar Proses
a.persiapan pembelajaran
·         Kepemilikan silabus oleh guru 100%
·         Kepemilikan RPP oleh guru 100%
·         Kepemilikan bahan ajar oleh guru 100%
b.persyaratan pembelajaran
·         Jumlah siswa per rombel 20-30 siswa
·         Beban mengajar 24 jam
·         Rasio buku dengan siswa 1:1
c.pelaksanaan pembelajaran
·         Penerapan penilaian PAKEM
·         Penerapan belajar tuntas
·         Penerapan Penelitian Tindakan Kelas
·         Penerapan pembelajaran yang bervariatif
·         Penggunaan alat atau bahan peraga sangat tinggi
d.pelaksanaan penilaian pembelajaran
·         Pengembangan instrumen penilaan 100%
·         Variasi model penilaian
·         Pengolahan penilaian menggunakan komputer
·         Pemanfaatan tindak lanjut penilaian
e.pengawasan proses pembelajaran
·         Pemantaun supervisi, evaluasi dan tindak lanjut


4

Standar Pendidik dan tenaga Kependidikan
a.Kepala Sekolah
·         Pelatihan MBS, manajerial
·         Menguasai TIK
·         Telah mengikutipelatihan kepemimpinan
·         Telah mengikuti pelatihan supervisi, monotoring, dan evaluasi
·         Telah mengikuti pelatihan sdministrasi sekolah
·         Masa bhakti kepala sekolah4 th/ lebih
b.Pendidik
·         Sarjana SI untuk semua guru 75%
·         Semua guru telah menguasai PAKEM
·         Semua guru telah mengikuti pelatihan TIK
·         Semua guru telah mengikuti pelatihan KTSP
·         Semua guru telah mengikuti pelatihan PTK
·         Guru lulus sertifikasi 75%
·         Semua guru telah mengikuti pelatihan kepribadian
c.Tenaga Kependidikan
·         Memahami tugas pokok dan fungsinya
5
Standar Sarana dan Prasarana
a.sarana dan prasarana minimal
·         Ruang kepala sekolah  lengkap dgn  mebelair
·         Ruang belajar sesuai dengan jumlah rombel
·         Ruang guru 40 m2
·         Terdapat ruang UKS
·         Terdapat ruang perpustakaan yang lengkap
·         Rasio WC dengan rombel 1 : 1
·         Terdapatnya ruang multimedia yang memadai
b.fasilitas pembelajaran dan penilaian
·         Daya listrik 1200 watt
·         Komputer 4 set
·         Jaringan internet
·         Sarana olah raga cukup
·         Media dan alat peraga pembelajaran cukup
6
Standar Pengelolaan
a.perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana
   kerja/kegiatan
·         Terdapatnya dokumen RKAS
·         Terdapatnya dokumen PSB
·         Terdapatnya dokumen KTSP
·         Terdapatnya dokumen tata tertib siswa
b.struktur organisasi dan mekanisme kerja
·         Strukter organisasi lengkap 100%
·         Dokumen pembagian tugas guru lengkap 100%
c.supervisi, monotoring dan evaluasi
·         Terdapatnya tim monotoring dan evaluasi 100%
·         Terdapatnya instrumen 100%
·         Terdapatnya pelaporan 100%
·         Terdapatnya dokumentasi 100%
·         Tindak lanjut 100%
7
Tenaga Kependidikan
a.dana bersumber dari 2 sumber  (BOS dan komite)
b.pengalokasian minimal 8 SNP
c.penggunaan dana 100% benar
d.dokumen dan pelaporan keuangan 100%
8
Standar penilaian
a.frekuensi ulangan harian 100% untuk semua mapel
b.semua guru melakukan evaluasi analisis dan tindak
   lanjut 100%
c.mekanisme penilaian terpenuhi 100%
d.teknik penilaian 5 macam
e.pengolahan data penilaian berdasar/menggunakan 
   komputer

2 komentar:

  1. semoga dapat terealis segala ide dan gagasan demi memajukan pendidikan

    BalasHapus